Ampicillin Adalah? Simak Pengertian dan Efek Sampingnya

1 min read

Pengertian Ampicilin

Ampicillin merupakan salah satu obat yang cukup populer di masyarakat. Namun sebenarnya, apa itu ampicillin? Secara sederhana, ampicillin adalah antibiotik yang bisa digunakan ketika ingin menyembuhkan infeksi bakteri yang ada pada bagian tubuh. Mulai dari saluran pencernaan, saluran pernapasan, telinga, kelamin, saluran kemih, hingga jantung.

Dan yang perlu kita ingat adalah, ampicillin ini hanya bisa kita gunakan atas anjuran, lengkap dengan resep dari dokter. Jika diperhatikan, maka ampicillin adalah antibiotik yang termasuk ke dalam golongan penicillin. Ia akan membunuh bakteri yang menyebabkan terjadinya infeksi pada bagian tubuh. Sayangnya, ia tidak bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan infeksi virus. Baik itu flu ataupun pilek.

Adapun merk-merk ampicillin yang bisa kita temukan ialah Ampicillin, Ambiopi, Binotal, Ampicillin, Vicilin, Ampicillin Trihydrate. Ampicillin bisa digunakan untuk orang dewasa dan juga anak-anak. Tentu, perbedaan usia juga akan membuat dosisnya berbeda. Obat yang berbentuk kaplet, sirup kering, kapsul, suspense, hingga serbuk injeksi ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang. Sebagaimana sudah dijelaskan. Bahwa, penggunaannya meski atas resep dari dokter. Sebelum menggunakan obat ini, ada beberapa hal yang meski Anda perhatikan.

Yakni, tidak boleh menggunakan ampicillin ketika Anda mempunyai riwayat alergi akan obat ampicillin dan juga obat yang termasuk ke dalam golongan penicillin lainnya. Kemudian, jangan lupa untuk memberitahu dokter apabila Anda mempunyai riwayat alergi terhadap obat-obatan lainnya.

Tidak lupa juga untuk mengabari dokter terkait dengan penyakit yang Anda derita. Mulai dari diabetes, asma, demma, gangguan ginjal, hingga demam kelenjar jika memang ada. Kabari dokter apabila Anda tengah mengkonsumsi obat lain. Baik itu yang herbal ataupun suplemen. Dan masih banyak hal lain yang memang harus Anda berita tahu dokter. Di mana, hal-hal tersebut memang sangat penting untuk diperhatikan.

Efek samping menggunakan ampicillin

Obat Ampicilin Serbuk Injeksi
Obat Ampicilin Serbuk Injeksi

Penggunaan obat ampicillin ini bisa menimbulkan efek samping. Yang mana, jika ada reaksi alergi usai mengkonsumsinya, seperti muntah, mual, berkeringat, susah bernapas, pembengkakan pada bagian wajah, lidah, bibir, tenggorokan, dan Anda merasa ingin atau akan pingsan, maka alangkah baiknya jika langsung ke IGD terdekat. Selain itu, jangan lupa untuk menghubungi dokter Anda apabila merasakan salah satu dari efek samping berikut.

  • Diare yang berdarah atau berair.
  • Demam. Tenggorokan terasa sakit, kepala sakit berat, ruam kulit merah, atau kulit mengelupas.
  • Menggigil, demam, nyeri tubuh, dan juga gejala flu.
  • Gampang memar, pendarahan, dan kelemahan yang tidak normal.
  • Mudah tersinggung, mudah marah, agresif, bingung, pikiran dan perilaku yang tidak normal, atau tidak biasa.
  • Vagina gatal atau mempunyai cairan.
  • Sariawan
  • Lidah bengkak.

Demikian seputar pengertian ampicillin dan efek sampingnya dari Ruangperawat.com. Semoga bermanfaat!

Ruangperawat: Referensi, Artikel dan Download Gratis!